sebuah masa yang menyatukan kita, sebuah takdir yang mempererat kita. sebuah misi yang menggerakkan kita, untuk menjadi seseorang...

maka hari ini kita loserick pada tanggal 11-Oktober-2009 menyatakan bahwa kita adalah teman sejati, sahabat sejati, yang akan mengawal kemanapun diantara kami pergi untuk mengawali sebuah mimpi.

selamat datang kawan untuk melangkah bersama kami mewujudkan impian kita, kami yakin bahwa esok adalah apa yang ada di impian kita... mari sahabat, kita berjalan bersama baik duka maupun lara. semua akan baik-baik saja, ku akan melindungimu kawan, sampai kapanpun...

Minggu, 25 April 2010

Oknum polisi jual SIM sampai Rp600 ribu

Blog Berita — HARGA PEMBUATAN SIM. Berapa harga pembuatan Surat Izin Mengemudi [SIM] C? Sebenarnya biaya resmi SIM C tidak sampai Rp100 ribu, tapi ada oknum polisi mematok harga hingga Rp600 ribu. Berita yang dikutip dari Pos Kota.

Diam-diam, sejumlah oknum polisi di Mapolwiltabes Bandung ramai-ramai menawarkan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan sistem Very Important Person (VIP) yang dibuka secara terselubung di Satlantas Polwiltabes Bandung. Tak tanggung-tanggung, harga SIM VIP itu Rp 500 ribu sampai 600 ribu per orang.

“Mau yang biasa, atau yang VIP. SIM VIP harganya lumayan, tapi cukup tiga menit SIM sudah masuk saku,” sejumlah oknum polisi sedikit berpromosi saat bertemu calon pembuat SIM.

Dengan lancar, oknum menjelaskan, jika menginginkan SIM yang biasanya, harganya Rp 300 ribu tapi selesainya antara 3-4 hari. Membuat SIM jalur biasa (ekonomi) resikonya harus dites kesehatan dan harus mengikuti sejumlah tes lainnya. Tapi membuat SIM dengan jalur VIP yang membuat hanya tinggal menyerahkan uang dan langsung difoto. Ttinggal pilih saja, kami siap membantu,” ujarnya lagi.

Berdasar pemantauan, SIM jalur VIP dibuka sejumlah oknum yang biasa menjadi calo di lingkungan Polwiltabes Bandung. Uang Rp 600 ribu diserahkan ke pejabat SIM Rp 400 ribu dan sisanya diambil biaya lain, serta keuntungan sang calo tadi.

Pembuatan SIM jalur cepat dan istimewa ini dibuka secara gelap alias sembunyi-sembunyi. Karena takut ketahuan sang atasan, jalur SIM VIP diberlakukan hanya empat hari dalam seminggu.

Wakasat lantas Polwiltabes Bandung Kompol Gondo, ketika dihubungi ‘Pos Kota’ menangkis adanya praktek pembuatan SIM sistem VIP. Bahkan, dia mengancam akan menjatuhkan sanksi jika ada oknum petugas yang bermain dalam proses pembuatan SIM. “Tak ada sistem jalur VIP dan ekonomi. Tolong sebutkan identitas calo dan yang membuat, biar nanti diperiksa,” kata dia.

Namun, Gondo, tak menyangkal bila ada sistem VIP yang dilakukan oknum secara sembunyi-bunyi. Meski begitu, dia berjanji akan menelusuri kebenaran Surat Izin Mengemudi VIP yang berlaku di Polwiltabes Bandung. “Kalau ada, kami memberikan tindakan, karena sat lantas Polwiltabes kini sedang membenahi diri untuk memberikan pelayanan SIM sebaik-baiknya.”


SUMBER: http://blogberita.net/2009/11/02/berapa-harga-sim-c-surat-izin-mengemudi-biaya-resmi-pembuatan-sim/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar