sebuah masa yang menyatukan kita, sebuah takdir yang mempererat kita. sebuah misi yang menggerakkan kita, untuk menjadi seseorang...

maka hari ini kita loserick pada tanggal 11-Oktober-2009 menyatakan bahwa kita adalah teman sejati, sahabat sejati, yang akan mengawal kemanapun diantara kami pergi untuk mengawali sebuah mimpi.

selamat datang kawan untuk melangkah bersama kami mewujudkan impian kita, kami yakin bahwa esok adalah apa yang ada di impian kita... mari sahabat, kita berjalan bersama baik duka maupun lara. semua akan baik-baik saja, ku akan melindungimu kawan, sampai kapanpun...

Minggu, 25 April 2010

Kata pengaman email terpanjang: lafaroleratro pezoooooooooooooo

Baru saja beredar bocoran 30 ribu DAFTAR PASSWORD EMAIL di sebuah situs Internet. Yang paling banyak adalah email gratis yang terdaftar di Hotmail, MSN, dan LiveCom milik Microsoft.

Para pemilik email diminta segera mengubah kata pengaman atau password surat elektronik mereka.

Awalnya diberitakan jumlah password email yang bocor adalah 10 ribu. Namun menurut artikel terbaru yang dikutip Blog Berita dari BBC, jumlah daftar password tersebut telah mencapai 30 ribu. BBC News telah melihat di sebuah situs Internet, sebanyak 30 ribu nama [username] dan password email dibobor dan dibocorkan kepada publik, termasuk Yahoo Mail, GMail, dan AOL.

  • Baca tips Cara bikin password email yang kuat
  • Ingatkan teman-temanmu agar hati-hati dengan keamanan password email mereka. Sampaikan artikel ini kepada rekan lewat Facebook, Twitter, chatting YM, email, dll dengan menekan tombol TELL A FRIEND di sudut kiri di bawah artikel.
  • Artikel menarik Cara membobol password email

Pihak Google [pemilik GMail] dan Microsoft diberitakan telah bertindak cepat dengan memblokir semua email yang bocor tersebut. Pemilik asli akan bisa kembali mengakses email mereka setelah proses reset password. Setelah dicek, banyak dari bocoran daftar email itu yang tidak ada [fiktif] atau sudah kadaluarsa.

Password paling mudah ditebak dan terpanjang

Dari puluhan ribu daftar password email yang bocor itu, terdapat 64 email dengan kata pengaman yang sangat mudah ditebak, yaitu “123456″. Sebanyak 42 persen memakai password yang terdiri dari hanya huruf, dan cuma sedikit yang memvariasikan dengan angka dan karakter lain.

Banyak email memakai password dengan nama orang Spanyol seperti Alejandra dan Alberto. Sedangkan password paling panjang adalah 30 karakter: lafaroleratropezoooooooooooooo.

Tips mengamankan password email

Beberapa tips atau langkah penting untuk mengamankan password email menurut Blog Berita.

1. Buat password minimal 10 digit.

2. Jangan hanya berisi huruf A sampai Z, tapi campur dengan angka dan karakter lain. Contohnya: ts3i6hw&qq98fg.

3. Jangan pilih kata pengaman email dengan istilah yang mudah ditebak. Misalnya jangan pakai “cintalauraxxx”, “mdnjktpp”, “hambaallah”, “hitlernazi“. Intinya jangan pakai kata-kata bermakna. Jangan pula menggunakan tanggal lahir, nomor alamat rumah, kode pos, atau sebagian dari nomor telepon kantormu.

4. Jangan catat password di kertas atau ponsel. Cukup diingat.

5. Hati-hati membuka email di komputer publik seperti di kantor atau warnet. Bukan tidak mungkin di komputer tersebut terpasang program perekam semacam keylogger, sehingga semua username dan password yang kauketikkan akan tersimpan dan suatu saat bisa dilihat oleh si pemasang program itu.

6. Bila ada surat masuk yang mengaku dari GMail, Yahoo, Hotmail, dll, yang memintamu mengirim username dan password — dengan alasan untuk konfirmasi — jangan percaya, itu bohong. Pihak penyedia email tidak perlu bertanya soal itu padamu, karena mereka tahu semuanya. Jangan terkecoh dengan tampilan surat dan alamat si pengirim yang sangat meyakinkan, seolah-olah benar dari pihak penyedia jasa email.

Kadang email itu berisi ancaman, “Jika anda tidak membalas surat ini dengan data-data yang kami minta dalam 7 hari ke depan, maka kami terpaksa memblokir akun email anda.”

Jangan khawatir, Blog Berita sendiri sudah puluhan kali menerima surat palsu semacam itu di sejumlah email yang kupunyai dan tidak pernah kubalas, dan sampai sekarang emailku tidak diblokir.

Jika kau sering menerima email seperti di atas, jangan lupa langsung tandai/centang surat tersebut sebagai SPAM.

7. Ubah password email secara berkala, misalnya satu kali dalam lima bulan.


SUMBER: http://blogberita.net/2009/10/07/daftar-password-email-bocor-dibobol-hacker-daftar-password-gratis-email/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar